Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mie Kocok ala Bandung

Sebenarnya udah cukup lama penasaran pengen sekali-kali nyoba bikin Mie Kocok ala Bandung.. Salah satunya gara-gara dulu pas kadang lagi ngobrol sama si Hilman, dia suka ngomongin soal makanan favoritnya ini. Dia pernah nanya, di mana tempat yang jual mie kocok ala Bandung di Jakarta yang enak.. Cari-cari tahu di internet, ternyata gak terlalu banyak tempat yang menyajikan makanan khas Bandung ini. Karena agak 'langka' itulah, maka terbersit untuk sewaktu-waktu mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Secara papiku juga penggemar kikil sapi, bahan utama Mie Kocok.

Berbekal resep mie kocok dari Mbak Esther (terima kasih yah mbak :-) ) dan beberapa referensi dari buku resep ataupun internet, akhirnya aku memberanikan diri membuatnya.. Resepnya terbilang mudah dan bahannya pun cukup ringkas. Aku hanya menambahkan iga dan bakso sapi, seperti yang dilakukan Mbak Esther. Jadi lebih lengkap dan mantaffff. Ah, kesampaian juga nih akhirnya :p.

Bahan:

* 1/2 kikil atau kaki sapi, rebus dengan air secukupnya bersama 5 lembar daun salam sampai empuk, buang airnya, potong kotak-kotak kecil
* 150 gr daging shank + 4 buah (± 300 gr) tulang iga yang berdaging (kurangi bagian yang berlemaknya) ---> rebus hingga lunak
* garam, gula pasir dan merica secukupnya
* 1/2 sdt kaldu bubuk rasa sapi, optional


Bahan Kuahnya:

* 1500 cc kaldu hasil rebusan tulang iga dan daging

Haluskan:

* 7 buah bawang merah
* 4 siung bawang putih
* 4 buah kemiri


Pelengkap:

* 200 gr mie telur kering (aku pakai yang gepeng), seduh/masak hingga cukup lunak, tiriskan, sisihkan
* 200 gr taoge, siangi
* 1 sdm daun bawang, iris halus
* 1 sdm seledri, iris halus
* 8 buah bakso sapi
* 4 sdm bawang goreng
* sambal cabai rawit
* jeruk nipis/limau untuk perasan
* kerupuk kulit/ceker ayam


Cara Membuat:

1. Didihkan kaldu. Sementara itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan ke dalam panci yang berisi kaldu. Tambahkan bakso sapi, dan bumbu2.
2. Seduh taoge sebentar, tiriskan,
3. Bagi mie menjadi ± 4 bagian, atur dalam mangkuk saji. Tambahkan potongan kikil, daging dan tulang iga. Siram dengan kuah panas beserta bakso sapinya. Taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng dan sambal cabai rawit. Beri jeruk nipis/limau jika suka. Sajikan segera selagi panas.


Untuk 4 porsi.
Sumber: http://debluelover.multiply.com

0 comments:

Posting Komentar